Disini saya akan menjelaskan
tentang beberapa contoh kodingan sederhana tentang jaringan komputer berbasis
bahasa pemrograman Java. Berikut penjelasan masing-masing program :
1. getIP.java
Kode program diatas
berfungsi untuk menampilkan alamat IP komputer, pertama kita import library
java.net* yang berhubungan dengan jaringan.
Alamat IP tersebut diambil dari variable host dari class InetAddress
yang ditampung sementara menggunakan method getLocalHost().
Lalu terdapat variable ip
dengan tipe data byte array untuk menampung masing-masing byte alamat dari host
menggunakan struktur perulangan dan dicetak secara dotted decimal.
Output :
2. getName.java
Kode program diatas
berfungsi untuk mencetak nama host. Pertama kita import library java.net* yang
berhubungan dengan jaringan. Nama host didapat dari variable host yang di
definisikan dari class InetAddress berfungsi sebagai variable penampung string
dan nama dari host menggunakan method getHostName().
Output :
3. IPtoName.java
Pada program di atas akan
menampilkan nama komputer dari suatu IP Address yang dimasukkan. IP Address
yang dimasukkan akan di cek dengan method getHostName() lalu program akan
mencetak nama host dari pemilik IP Address tersebut.
Apabila IP Address yang
dimasukkan salah atau tidak tersedia, maka komputer akan mencetak "invalid
IP - malformed IP".
Output :
4. NsLookup.java
Program di atas adalah
NsLookup.java untuk mengetahui IP Address dengan cara menginput nama host pada
saat menjalankan program.
Pada saat user menginput
nama host, maka program akan langsung menampilkan IP Address yang dimaksud
dengan method getAddress(). Namun apabila host salah atau tidak ada, maka akan
mencetak "Unknown Host".
Output :
5. simpleServer.java
& simpleClient.java
Pada bagian ini kita akan coba merancang
aplikasi client-server TCP sederhana dimana disini akan menghubungkan antara
server dengan client.
Berikut kodingannya simpleServer.java :
Import java.io.* merupakan
import library untuk input / output sedangkan java.net.* merupakan import
library network agar bisa menggunakan
method yang berhubungan dengan jaringan.Lalu beri nama class simpleServer dan
beri nilai untuk variable TESTPORT = 5000, maksudnya port yang akan kita tes
koneksi dengan server bisa menggunakan port 1 sampai 5000.
Masuk ke method utama, beri
nilai null pada seluruh variable penampung awal seperti ServerSocket yang
didefinisikan dengan checkServer, line bertipe String, BufferedReader yang
didefinisikan dengan is, DataOutputStream os yang didefinisikan dengan os, dan
Socket yang didefinisikan dengan clientSocket.
Pada bagian try-catch ini
maksudnya kita akan cek koneksi server sesuai dengan socket dan port yang
didaftarkan pada laptop/PC dimana program ini dijalankan. Apabila berhasil,
akan tampil pesan “Aplikasi Server hidup …”, jika tidak maka akan muncul pesan
error Exception.
Pada bagian try-catch ini
maksudnya server akan menampung pesan input yang dikirim oleh client dalam
variable is, lalu server akan merespon pesan client dalam variable os, apabila
server gagal menerima pesan dari client maka akan muncul pesan error exception.
Yang harus diperhatikan disini adalah id host / ip address dari si client harus
terdaftar di server agar server dapat mengenali client dan bisa melakukan
respon terhadap client.
Lalu pada bagian try-catch,
variable is yang berisi pesan dari client akan dibaca dan dikonversi oleh
server ke dalam bentuk String dengan variable line. Lalu server akan mencetak
“Terima” + line(kata / kalimat dari client). Apabila server gagal membaca data
inputan dari client maka akan muncul pesan error exception.
Pada struktur if-else,
apabila pesan yang dikirimkan client berupa kata “salam”, maka server akan
membalas ke client dengan kalimat “salam juga”. Namun apabila kata selain
“salam” maka server akan membalas ke client dengan kalimat “Maaf, saya tidak
mengerti”.
Lalu yang terakhir pada
bagian ini untuk menutup data inputan server maupun client dan menutup socket
client agar tidak bisa lagi mengirim pesan ke server. Yang artinya client baru
bisa mengirim pesan ke server apabila server dinyalakan lagi, atau program
simpleServer dijalankan lagi.
Berikut kodingan simpleClient.java :
Program ini
akan meminta masukan kunci dan kunci disini telah di deklarasikan dengan
kata “salam” maka ketika mengetikan kata salam maka client akan mendapatkan
data dari server yaitu salam. Namun jika mengetikan kata selain salam maka akan
muncul tampilan “maaf, saya tidak mengerti.”
Pada program ini untuk
menjalankan koneksi antara client server terlebih dahulu program server harus
berjalan.
Pada server terdapat sebuah
socket yaitu welcoming socket yang fungsinya untuk mendeteksi adanya permintaan
koneksi dari sisi client Dan ada client terdapat socket yaitu client socket.
Apabila ingin menghubungi server, harus melalui client socket-nya, client
membuat inisialisasi koneksi ke welcoming socket milik server, dengan mode
three-way handshake.
Setelah welcoming socket
menerima inisialisasi koneksi dari client socket, aplikasi server ini akan
membuat connection socket di sisi server. Dengan connection socket ini, client
socket dan connection socket berinteraksi satu sama lain untuk mengirim dan
menerima data.
Client dapat membaca data
yang dikirim oleh server dari client socket-nya. Dan lalu menampilkan data
tersebut di monitor. Setelah itu client akan membaca inputan dan mengirimkan ke
server melalui socketnya
Server membaca data yang
dikirim oleh client di connection socket kemudian server mengubah data menjadi
huruf besar dan mengirimkan data tersebut menuju client melalui socketnya
Client membaca data yang
dikirim oleh server dari client socket-nya. Kemudian menampilkan data tersebut
di monitor.
Berikut output dan cara menjalankan kedua
program tersebut :
1. Buka
dua windows Command Prompt.
2. Compile
dan jalankan simpleServer.java.
3. Compile
dan jalankan simpleClient.java beserta id host PC/laptop anda.
4. Masukkan
kata kunci : salam.
5. Server
akan menerima kata kunci “salam” dari Client.
6. Client
akan menerima respon dari server berupa kata “salam juga”.
Source
Code :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar