Rabu, 19 April 2017

Pemrograman Jaringan : Membahas Kodingan Jaringan Komputer Sederhana

   Disini saya akan menjelaskan tentang beberapa contoh kodingan sederhana tentang jaringan komputer berbasis bahasa pemrograman Java. Berikut penjelasan masing-masing program :

1.    getIP.java



Kode program diatas berfungsi untuk menampilkan alamat IP komputer, pertama kita import library java.net* yang berhubungan dengan jaringan.  Alamat IP tersebut diambil dari variable host dari class InetAddress yang ditampung sementara menggunakan method getLocalHost().

Lalu terdapat variable ip dengan tipe data byte array untuk menampung masing-masing byte alamat dari host menggunakan struktur perulangan dan dicetak secara dotted decimal.

Output :




2.    getName.java



Kode program diatas berfungsi untuk mencetak nama host. Pertama kita import library java.net* yang berhubungan dengan jaringan. Nama host didapat dari variable host yang di definisikan dari class InetAddress berfungsi sebagai variable penampung string dan nama dari host menggunakan method getHostName().

Output :




3.    IPtoName.java



Pada program di atas akan menampilkan nama komputer dari suatu IP Address yang dimasukkan. IP Address yang dimasukkan akan di cek dengan method getHostName() lalu program akan mencetak nama host dari pemilik IP Address tersebut.

Apabila IP Address yang dimasukkan salah atau tidak tersedia, maka komputer akan mencetak "invalid IP - malformed IP".

Output :




4.    NsLookup.java



Program di atas adalah NsLookup.java untuk mengetahui IP Address dengan cara menginput nama host pada saat menjalankan program.

Pada saat user menginput nama host, maka program akan langsung menampilkan IP Address yang dimaksud dengan method getAddress(). Namun apabila host salah atau tidak ada, maka akan mencetak "Unknown Host".

Output :




5.    simpleServer.java & simpleClient.java

    Pada bagian ini kita akan coba merancang aplikasi client-server TCP sederhana dimana disini akan menghubungkan antara server dengan client.

Berikut kodingannya simpleServer.java :



Import java.io.* merupakan import library untuk input / output sedangkan java.net.* merupakan import library network agar bisa  menggunakan method yang berhubungan dengan jaringan.Lalu beri nama class simpleServer dan beri nilai untuk variable TESTPORT = 5000, maksudnya port yang akan kita tes koneksi dengan server bisa menggunakan port 1 sampai 5000.

Masuk ke method utama, beri nilai null pada seluruh variable penampung awal seperti ServerSocket yang didefinisikan dengan checkServer, line bertipe String, BufferedReader yang didefinisikan dengan is, DataOutputStream os yang didefinisikan dengan os, dan Socket yang didefinisikan dengan clientSocket.

Pada bagian try-catch ini maksudnya kita akan cek koneksi server sesuai dengan socket dan port yang didaftarkan pada laptop/PC dimana program ini dijalankan. Apabila berhasil, akan tampil pesan “Aplikasi Server hidup …”, jika tidak maka akan muncul pesan error Exception.

Pada bagian try-catch ini maksudnya server akan menampung pesan input yang dikirim oleh client dalam variable is, lalu server akan merespon pesan client dalam variable os, apabila server gagal menerima pesan dari client maka akan muncul pesan error exception. Yang harus diperhatikan disini adalah id host / ip address dari si client harus terdaftar di server agar server dapat mengenali client dan bisa melakukan respon terhadap client.

Lalu pada bagian try-catch, variable is yang berisi pesan dari client akan dibaca dan dikonversi oleh server ke dalam bentuk String dengan variable line. Lalu server akan mencetak “Terima” + line(kata / kalimat dari client). Apabila server gagal membaca data inputan dari client maka akan muncul pesan error exception.

Pada struktur if-else, apabila pesan yang dikirimkan client berupa kata “salam”, maka server akan membalas ke client dengan kalimat “salam juga”. Namun apabila kata selain “salam” maka server akan membalas ke client dengan kalimat “Maaf, saya tidak mengerti”.

Lalu yang terakhir pada bagian ini untuk menutup data inputan server maupun client dan menutup socket client agar tidak bisa lagi mengirim pesan ke server. Yang artinya client baru bisa mengirim pesan ke server apabila server dinyalakan lagi, atau program simpleServer dijalankan lagi.


Berikut kodingan simpleClient.java :

     


Program ini akan meminta masukan kunci dan kunci disini telah di deklarasikan dengan kata “salam” maka ketika mengetikan kata salam maka client akan mendapatkan data dari server yaitu salam. Namun jika mengetikan kata selain salam maka akan muncul tampilan “maaf, saya tidak mengerti.”

Pada program ini untuk menjalankan koneksi antara client server terlebih dahulu program server harus berjalan.

Pada server terdapat sebuah socket yaitu welcoming socket yang fungsinya untuk mendeteksi adanya permintaan koneksi dari sisi client Dan ada client terdapat socket yaitu client socket. Apabila ingin menghubungi server, harus melalui client socket-nya, client membuat inisialisasi koneksi ke welcoming socket milik server, dengan mode three-way handshake.

Setelah welcoming socket menerima inisialisasi koneksi dari client socket, aplikasi server ini akan membuat connection socket di sisi server. Dengan connection socket ini, client socket dan connection socket berinteraksi satu sama lain untuk mengirim dan menerima data.

Client dapat membaca data yang dikirim oleh server dari client socket-nya. Dan lalu menampilkan data tersebut di monitor. Setelah itu client akan membaca inputan dan mengirimkan ke server melalui socketnya

Server membaca data yang dikirim oleh client di connection socket kemudian server mengubah data menjadi huruf besar dan mengirimkan data tersebut menuju client melalui socketnya

Client membaca data yang dikirim oleh server dari client socket-nya. Kemudian menampilkan data tersebut di monitor.

Berikut output dan cara menjalankan kedua program tersebut :

1.    Buka dua windows Command Prompt.


2.    Compile dan jalankan simpleServer.java.



3.    Compile dan jalankan simpleClient.java beserta id host PC/laptop anda.



4.    Masukkan kata kunci : salam.



5.    Server akan menerima kata kunci “salam” dari Client.



6.    Client akan menerima respon dari server berupa kata “salam juga”.





Source Code :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar