Senin, 29 September 2014

EVOLUSI KOMPUTER


Evolusi Komputer

Di era yang serba canggih ini, komputer bukanlah hal asing lagi bagi kita. Pada saat ini, hampir seluruh kegiatan manusia dibantu oleh alat yang satu ini. Tapi tahukah anda darimana kata Komputer berasal ? Kata Komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dijadikan nama dari mesin itu sendiri.
      Secara umum, komputer didefinisikan sebagai suatu kesatuan peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, dimana komponen-komponen tersebut saling bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Dalam sejarah perkembangannya, komputer sudah banyak mengalami evolusi yang panjang mulai dari generasi pertama hingga generasi kelima.

1.    Komputer Generasi Pertama 
          Komputer   generasi   pertama   memiliki    karakteristik    bahwa  setiap  komputer   masih menggunakan kode biner berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram. Pada komputer generasi pertama ini juga masih digunakan tabung hampa udara (vacum-tube) yang pada awalnya digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.
  Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
ENIAC


Vacum-Tube












2.   Komputer Generasi Kedua

Pada generasi ini, komputer tidak lagi menggunakan bahasa mesin melainkan menggantinya dengan bahasa Assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
   Pada generasi ini juga tidak lagi menggunakan tabung hampa udara (vacum-tube) sebagai penguat sinyal melainkan diganti dengan suatu alat yang bernama Transistor. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: ukuran yang lebih kecil dan tidak mudah pecah. Dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
    Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
IBM Stretch
Transistor














3.    Komputer Generasi Ketiga

     Meskipun transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan vacum-tube dan transistor juga tidak mudah pecah, namun transistor dapat menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen-komponen komputer. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated Circuit) dimana ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk chip yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964 seperti pada gambar dibawah ini.
Integrated Circuit
IBM S-360


4.    Komputer Generasi Keempat

Mikroprosesor merupakan chiri khas dari komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah Mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Mikroprosesor merupakan awal kelahiran Komputer Personal.
Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan mikroprosesor pertama serie 4004. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang dimasukkan ke dalam tas (Laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (Palmtop).
 
Mikroprosesor
PC
  








Laptop

Palmtop











5.    Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima diperkirakan digunakan secara meningkat untuk memproses data non numeric seperti manipulasi simbol dan menggunakan intelegensi buatan (Artificial Intelegent). Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann.
Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. 

HAL9000















Berikut adalah video sejarah perkembangan komputer 5 generasi :







Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
http://raokin-site.com/hystory/evolusi-komputer/
http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-2.html
http://youtube.com

64 komentar:

  1. wah.... mantap gan infonya lebih ringkas ... :D

    BalasHapus
  2. Bedanya apa yaa generasi 4 sama 5???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya selain dari gen 5 yg lebih canggih dri gen 4, dari segi bentuk juga lebih modern dan lebih fleksibel.. kapasitas penyimpanan dan kecepatan pemrosesan datanya juga pasti berbeda gan.. klo ada yg kurang mohon di tambahkan :)

      Hapus
  3. Artikelnya mantap buat nambah ilmu (y) keep posting :D

    BalasHapus
  4. Thanks bro, tp ane masih binggung di generasi 5 . Bisa kasih penjelasan sedikit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya juga masih blum bisa menyebutkan detailnya dari komputer generasi ini gan.. karna komputer pada generasi ke 5 ini masih terus berkembang hingga sekarang.. yg saya tahu skrg ada sebuah komputer dengan dengan menggunakan udara sebagai media output menggantikan layar monitor sehingga gambar yg ditampilkan bisa dilihat secara 3 dimensi.. untuk info lebih jelasnya mungkin agan bisa searching" di blog lain yg membahas tentang komputer jenis ini :)

      Hapus
    2. nah saya juga masih binggung untuk generasi ke empat juga sampai sekarang dan kenapa generasi kelima dimulai dari sekarang

      Hapus
    3. Nahh itu dia gan.. klo mnurut saya sih komp generasi 4 itu kan dimulai dgn munculnya PC.. nah skrg ini kan pc udh bnyak kita temuin dan bahkan udh semakin dikembangkan dlm segi ukuran dan kualitas internal maupum eksternalnya.. sehigga bnyak org yg berfikiran kalau skrg itu sudah bkn lagi jamannya komp generasi 4 melainkan udh masuk pda generasi ke 5.. klo menurut saya pribadi sih skrg ini merupakan zaman transisi antara komp generasi 4 dan 5 hehe.. kalo masih ada yg ditanyain bisa tanya personal ke saya aja ya gan :)

      Hapus
  5. ternyata gitu ya sejarah komputer, makasih ya infonya :)

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Silahkan mas.. jgn lupa link blog ini disertakan ya :)

      Hapus
  7. Menarik artikelnya…sangat menambah wawasan. Mungkin ditambah artikel ttg fiksi ilmiah spy lebih seru.

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya mas sangat membantu :D

    BalasHapus
  9. Nice infonya gan (y) jadi tau generasi2 komputer sangat bermanfaat buat menambah pengetahuan: )

    BalasHapus
  10. wuih, mantab gan. keep posting yo

    BalasHapus
  11. Nice info gan! Baru tau ada palmtop. Semoga next bisa bahas soal palmtop lebih detail :)

    BalasHapus
  12. hebat bener nih postingan.. langsung ngerti ane gan.. salam jempol aja dah :)

    BalasHapus
  13. wah lengkap nih artikelnya, bermanfaat banget! keep posting yah ^^

    BalasHapus
  14. wih nice banget gan postingannya :D keep posting yah :)

    BalasHapus
  15. nice post. Bermanfaat banget jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  16. wow baru tau kalo ada palmtop. nice info nan ;D

    BalasHapus
  17. wah mantap bro artikelnya menarik enak dibaca hehe :D

    BalasHapus
  18. Gokil lah infonya...ditunggu post selanjutnya ya...
    Numpang share blog ini ya gan hehe :) http://bayupriyandika.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. nice article gan :D , terus berkarya yaa

    BalasHapus
  20. wah artikel bagus nih, bermanfaat banget :))

    BalasHapus
  21. mantep bro artikelnya, nambah wawasan :D

    BalasHapus
  22. wih keren nan artikelnya. sukses ya!:)

    BalasHapus
  23. Nice Posting gan! Jadi tau perkembangan-perkembangan komputer dari generasi ke generasi, btw penasaran sama perkembangan komputer generasi kelima, mudah-mudahan ada ulasan tersendiri kedepannya. Keep posting informasi bermanfaat lainnya gan :)

    BalasHapus
  24. bro.. tujuan yang signifikan dibuatnya komputer generasi kelima HAL 9000 itu apa yee??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. klo tujuan SIGNIFIKANnya bisa tanya langsung aja sama yg buat gan :D karena saya juga blm tahu HAL9000 benar" dibuat dan direalisasikan atau hanya sebatas karangan fiksi saja hehe :)

      Hapus
  25. nice posting jadi gk bingung sama generasi komputer

    BalasHapus
  26. thanks infonya.. :) penjelasannya cukup lengkap dan mdh dimengerti..

    BalasHapus
  27. nice info nih, ada video nya jadi lebih mudah dipahami thanks yaa

    BalasHapus
  28. wah mantep nih artikelnya! saya jadi tahu bedanya generasi 4 dan generasi 5! di tunggu artikel selanjutnya (y)

    BalasHapus
  29. Nice post gan keren banget artikelnya jadi tau generasi generasi komputer

    BalasHapus
  30. wih mantep mas bro artikelnya :D lanjutkan!!

    BalasHapus
  31. Infonya keren... nice posting lah pokoknya haha :)

    BalasHapus
  32. Nice posting, jadi bertambah pengetahuan deh thanks :)

    BalasHapus
  33. wah jadi makin luas deh wawasan ane ttg sejarah komputer, tengkyu gann

    BalasHapus
  34. artikel bermanfaat, menambah wawasan pembaca :)

    BalasHapus
  35. makasih gan postingannya nambah wawasan, ditunggu postingan selanjutnya gan

    BalasHapus
  36. bagus artikelnya. ditunggu artikel selanjutnya tentang komputer ya :)

    BalasHapus
  37. bagus postingannya gan, sangat membantu dan lengkap

    BalasHapus
  38. wah bagus nih, ada videonya juga. Jadi lebih jelas

    BalasHapus
  39. Artikelnya bagus gan. Tulisannya menarik bahasanya juga nggak ribet. Terus dilengkapi gambar dan video. Nice

    BalasHapus
  40. psotingannya bagus n isinya menarik :D

    BalasHapus
  41. postingannya bagus, sudah lengkap dengan gambar jadi jelas perbedaan komputer pada setiap generasinya

    BalasHapus
  42. HAL9000 pada generasi kelima, mempunyai peran penting ya??

    BalasHapus
  43. wah ada komputer palmtop toh, baru denger ane :D

    BalasHapus
  44. Nice info gan :D
    klo ada burger,ane kasih burger nihh :D

    ehh mau nanya nih TS,katanya generasi ke 4 itu teknologi ampe skrang yg kita gunaka :D
    apa i7 ama intel haswell masih masuk generasi ke 4..?? :D

    BalasHapus
  45. ane pensaran sama yang ini-nihh, HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke :)
    thanks infonya gan

    BalasHapus
  46. thanks infonya gan, jadi lebih paham nih tentang generasi komputer (y)

    BalasHapus
  47. sangat bermanfaat sekali artikelnya gan, nice work dah (y)

    BalasHapus
  48. Nice bgt gan artikelnya lengkap + ada videonya juga haha 4 jempol deh pokoknya :)

    BalasHapus
  49. Artikelnya bagus, buat orang awam kayak saya sangat berguna, lanjutkan gan :)

    BalasHapus
  50. Wah mantap infonya. Thanks agan dinan.

    BalasHapus
  51. nice posting nan :) makin bertambah ilmu pengetahuan saya :) ditunggu postingan selanjutnya :)

    BalasHapus