A. Definisi Internet
Internet
(kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan suatu protokol (aturan)
standar, dikenal sebagai Transmission Control Protocol Internet Protocol (TCP/IP)
untuk melayani pengguna di seluruh dunia. TCP/IP adalah protokol standar yang digunakan
untuk menghubungkan jaringan-jaringan di dalam internet sehingga data dapat dikirim
dari satu komputer ke komputer lainnya. Setiap komputer diberikan suatu nomor unik
yang disebut dengan alamat IP.Media yang menghubungkan bisa berup kabel, kanal satelit
maupun frekuensi radio.
Jadi, internet menyediakan akses untuk layanan
telekomununikasi dan sumber daya
informasi untuk jutaan pemakainya yang
tersebar di seluruh dunia.
Beberapa contoh aplikasi internet,
antara lain:
1.
World
Wide Web (WWW).
Adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server- server yang terdapat
di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
2.
E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah
aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk
elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan email seperti Yahoo!, Gmail,
dan lain-lain.
3.
Mailing
List. Mailing list
atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau
bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
4.
Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet
yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya,
anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta
membahas topik-topik tertentu.
5.
Internet
Relay Chat (IRC). IRC
adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet.
Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
6.
File
Transfer Protocol (FTP).
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil
file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload
file.
7.
Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang
digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan
jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer
tersebut.
8.
Gopher. Gopher adalah aplikasi yang
digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang
didapat hanya terbatas pada teks saja.
9.
Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher
yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung
dengan komputer lain di internet.
B. Sejarah Internet
Pada Awalnya, internet merupakan jaringan komputer
yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969,
melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware
dan software komputer
yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak
terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk
keperluan militer. Pada saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir
dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi
perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja
yaitu Stanford
Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di
mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum
ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di
seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
"MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
C. Perkembangan Internet
Internet telah membuat revolusi baru
dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya.
Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian
kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi
dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki
kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi,
dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan
komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh
paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk
melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai
dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri
dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan
teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat
dibagi dalam empat aspek yaitu :
1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset
packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi
perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk
mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi
beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat
tinggi.
2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah
infrastruktur yang global dan kompleks.
3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah
komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama
membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah
perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan
terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet
sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread
information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global
atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya
sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan
komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi
komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang
sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line
untuk mencapai sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan
informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.
D. Dampak Positif dan Negatif Terhadap Penggunaan Internet
Dampak
Positif :
1.
Internet
sebagai Media komunikasi
Fungsi ini
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan , setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.
Media
untuk Mencari Informasi
Perkembangan
internet yang pesat,menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat.
3.
Sumber
Penghasilan
Saat ini
banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai sumber penghasilan.
4.
Kemudahan
Berbisnis
Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
ketempat penjualan.
5.
Sumber
Informasi
Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan ,kebudayaan,da
lain-lain.
6.
Kemudahan
Memperoleh Informasi
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
7.
Media
Pertukaran Data
Dengan
menggunakan email,newsgroup,FTP dan WWW (World Wide Web) pengguna internet diseluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Dampak
Negatif :
1.
Cybercrime
Adalah
kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang
bersifat :
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk
cybercrime sebagai berikut :
Hacking –
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari
kelemahan system jaringan.
Cracking –
Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah
atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
2. Parnografi
Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
3. Violence And Gore
Kekejaman dan
kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
4. Penipuan
Hal ini memang
merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
5. Carding
Karena sifatnya yang
‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah
carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
6. Perjudian
Dampak lainnya adalah
meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu
pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu
menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan
memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
7. Mengurangi sifat
sosial manusia
Karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan
perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet
(kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama
yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut.
Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar